Friday, December 7, 2012

Sistem penamaan domain

Sistem penamaan domain atau sering disebut dengan Domain Name System  (DNS) merupakan sebuah sistem pengalamatan komputer atau jaringan system komputer kedalam bentuk literal hirarki, Artian dari hirarki disini bahwa setiap domain harus memiliki unsur pengkodean; Jenis server, negara serta nama. Bayangkan di dunia ini sangat banyak komputer dan jaringan yang terhubung dengan internet, mungkin menjadi pertanyaan buat anda kenapa tidak pernah terjadi tumpang tindih nama domain? maka jawabannya adalah karena di dunia ini ada sebuah organisasi yang aktivitasnya khusus menangani register nama domain. Organisasi yang mengurusi domain di dunia dini adalah Internet Network Information Center consortium (InterNIC). Berkat jasa mereka semua domain di dunia ini menjadi unik.

Urutan hirarki tertinggi pada sistem penamaan domain disebut dengan top level domain (TLD), contoh dari TLD ini adalah .com (dot com) ini merupakan Top Level Domain jenis generic domain, artinya siapa saja boleh memiliki domain ini. Selanjutnya yang mengikuti nama domain ini di hirarki berikutnya adalah nama orang atau organisasi contohnya wikipedia, dan hirarki berikutnya adalah host atau server contohnya www.

Jadi ketika kita mengetikkan alamat website pada sebuah browser yang pertama kali dilakukan browser adalah menerjemahkan alamat website tersebut secara literal, setelah itu menghubungkannya dengan server DNS terdekat, cepat lambatnya proses ini sebenarnya bergantung pada sibuk tidaknya jaringan server yang meneyrtai sebuah alamat website.

Ada tiga komponen pengelola DNS yakni:

  • DNS resolver, ini adanya di komputer user
  •  recursive DNS server, inilah yang melaksanaakan pencarian cepat pada DNS server terdekat, dan recursive DNS server ini jugalah yang akan memberikan jawaban kepada setiap user ketika mengetikkan alamat website. secara analogi fungsinya mirip dengan modem.   
  • authoritative DNS server, komponen inilah yang menjawab recursive DNS.
dan berikut inilah perangkat lunak DNS

  • BIND kepanjangannya adalah Berkeley Internet Name Domain inilah yang paling sering digunakan di internet, terutama untuk OS yang berbasis unix.
  • djbdns, Paket perangkat lunak djbdns adalah implementasi DNS diciptakan oleh Daniel J. Bernstein karena frustrasi dengan BIND memiliki celah keamanan.Dulunya diberi hariah bagi orang pertama yang dapat menemukan celah keamanan tersebut sebesar $ 1000.
  • MaraDNS, adalah keamanan-sadar Domain Name System (DNS)
  • QIP adalah multiprotocol instant messaging clientNSD merupakan open source server program untuk Sistem Nama Domain.
  • Unbound merupakan validasi, rekursif, dan caching DNS produk server perangkat lunak dari NLnet Labs, VeriSign Inc
  • PowerDNS adalah server DNS, ditulis dalam C dan berlisensi di bawah GPL. ini bekerja pada derivatif Unix umumnya. PowerDNS adalah produk dari perusahaan PowerDNS COM Belanda BV, dengan banyak kontribusi dari komunitas Open Source.  Penulis utama adalah Bert Hubert.
Recursor PowerDNS (pdns_recursor) adalah resolving DNS server, yang berjalan sebagai proses terpisah.  The pdns server otoritatif dapat dikonfigurasi untuk query rekursif proxy untuk recursor, dan opsional overlay data zona otoritatif. Ini bagian dari PowerDNS adalah single threaded, tetapi ditulis seolah-olah multi-threaded, dengan menggunakan dorongan dan perpustakaan MTasker,  yang merupakan perpustakaan multitasking sederhana koperasi.  Hal ini juga tersedia sebagai paket standalone.

No comments:

Post a Comment