Saturday, December 1, 2012

Pengertian dan jenis domain

Sering sekali kita mendengar istilah domain ketika membaca artikel-artikel tentang internet, pertanyaannya apakah lita mengetahui apa arti dari domain tersebut? Syukurlah jika memang sudah mengetahui dengan tepat pengertian dari domain, namun bagi yang belum mengetahui coba silahkan membaca artikel ini lebih lanjut. Agar bisa memahami makna dari domain yang sering dibicarakan para webmaster.

Domain adalah adalah alamat sebuah website (situs), sebenarnya alamat dari situs-situs yang eksis di internet ini bentuk dasarnya berupa angka-angka contohnya 17.125.135.147 bila angka ini anda ketikkan di addres bar di browser anda maka akan terbuka website Google, contoh lain 72.30.38.140 kalau ini yang anda ketik maka akan terbuka Yahoo. penggunaan angka-angak ini sering disebut dengan IP address padahal itu sebenarnya adalah domain address.


Mengapa domain akhirnya menggunakan kata-kata? jawabannya cukup sederhana, yakni penggunaan kata jauh lebih mudah diingat daripada harus menghapal urutan angka-angka yang panjang. saya yakin anda jauh lebih familiar dan mudah mengingat Google.com daripada harus menghapal 17.125.135.147 bukan. Nah itulah maka para ahli internet dahulu kala membuat sistem penamaan domain ini juga dalam bentuk kata untuk pengganti urutan angka-angka tersebut.

Beginilah sejarah Awal domain ditemukan.
Masa awal internet ditemukan dan dikembangkan, Penamaan dari server-server yang ada dilakukan dengan menggunakan penamaan berdasar IP address. IP address ini berbentuk deretan angka-angka beberapa digit, contohnya: 72.30.38.140. Jadi ketika kita ingin mengakses sebuah halaman di suatu server kita harus mengetikkan deretan angka-angka tersebut dengan tepat dan perseis.

Seiring perkembangan internet maka disadarilah kalau sistem penamaan sebuah alamat situs dalam internet yang demikian terlalu sulit dan tidak manusiawi. Untuk itu dikembangkanlah sistem penamaan situs atau halaman di sebuah server dengan menggunakan kata atau huruf, dan kumpulan huruf atau karakter inilah yang disebut dengan domain.

Bagian-bagian dari domain.
  1. nama domain
  2. extension (ekstensi) yang digunakan
contohnya: google.com = yang menjadi nama domain adalah google dan ekstensi yang digunakan adalah .com. Extension untuk domain awalnya tidak begitu banyak sekarang ekstensi domain ini sudah sangat banyak diantaranya (.com, .edu, .co.id, .gov, .org dan sebagainya). Pemberian extensi terhadap sebuah domain tidak boleh sembarangan terutama untuk .edu, .gov, .go.id dan berbagai ekstensi yang hanya disediakan bagi lembaga pendidikan dan pemerintah saja.

Sub domain
Untuk memahmi pengertian dari sub domain maka coba analogikan kedalam sebuah buku, dalam sebuah buku ada BAB dan juga ada sub BAB, sub bab merupakan bagian dari sebuh BAB. Begitu juga dengan domain ini, sub domain merupakan halaman bagian dari sebuh domain. untuk memahaminya secara lebih kelas perhatikan contoh berikut ini. http://mydomain.blogspot.com/ blogspot.com merupakan sebuah domain dan mydomain adalah sub dari domain blogspot.com tersebut (sub domain).

Jenis-jenis domain.
Domain dibagi menjadi tiga kelompok yakni:

  1. Generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD). Domain-domain ini bisa digunakan oleh semua kalangan baik kelompok maupun individual. Contoh-contoh domain ini  adalah domain-domain berekstensi .com, . net, .org, .info dan sebagainya
  2. USA Top Level Domain, domain ini khusus untuk pemerintah, lembaga pendidikan dan organisasi yang ada di Amerika. contohnya .gov (untuk lembaga / departemen pemerintah yang ada di Amerika) .edu (ekstensi ini khusus untuk domain universitas / Lembaga pendidikan tinggi  yang ada di Amerika), .mil (ekstensi ini khusus untuk ekstensi website domain militer yang ada di amerika)
  3. Country Code Top Level Domain (ccTLD), domain ini khusus untuk negara-negara tertentu, ekstensinya seperti .id (untuk Indonesia). .it (untuk Italia) .eu (untuk kawasan negara uni eropa) dan banyak jenis ekstensi negara yang lainnya) untuk lisnya dapat anda lihat di sini.
Sekarang mungkin akan menjadi pertanyaan selanjutnya buat anda, bagaimana cara mendapatkan domain? atau mungkin anda bingung  kenapa domain-domain di dunia ini tidak pernah bentrok atau tumpang tindih? untuk jawaban ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya agar bahasan tentang domain ini menjadi lengkap sesuai dengan subdomain blog ini.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment