Wednesday, December 5, 2012

Cara mendapatkan domain gratis

Berbicara domain maka dalam pikiran kita akan langsung terlintas beberapa ekstensi dari beberapa Top Level Domain seperti .com, .net, .info atau mungkin juga .org. Sebenarnya ada beberapa lagi extension untuk top level domain ini yang masih jarang digunakan seperti .asia, .euro dan banyak lagi. Untuk mendapatkan domain geratis kita harus rajin membuka situs/ website penyedia domain, cermati apakah mereka memiliki promo untuk domain geratis atau tidak. Beberapa waktu yang lalu ada informasi domain geratis extension .me kabarnya promo tersebut terbuka hingga tanggal 31 Desember 2012. Dan ada juga penyedia domain dari australia yang menawarkan gratis TLD dengan extensi .asia dimana satu orang hanya boleh mendaftarkan 1 domain gerais saja, dan masa geratis domain .asia tersebut selama 1 tahun.

Kekurangan dan kelebihan domain geratisan.

Namanya sesuatu yang gratsi pasti ada kekurangan dan kelebihannya, ada baiknya terlebih dahulu kita memahami kelebihan domain gratisan, berikut ini:
  1. Gratis, itu saja merupakan sebuah kelebihan
  2. Blogger yang baru saja mengenal dunia internet bisa memanfaatkan dan menggali ilmu tentang tata cara penggunaan domain dengan menggunakan domain geratisan tersebut. 
  3. Denagan domain geratisan cenderung kita akan lebih berani bereksperimen dalam menggunakan domain, karena sifat gratisnya tersebut.
Adapun kekurangan domain gratisan adalah sebagai berikut:
  1. Umumnya DNS domain geratisan sudah ditetapkan oleh si empunya domain jadi kita akan kesulitan untuk mengubah alamat DNS
  2. Domain geratisan biasanya memiliki masa berlaku, dan kebanyakan hanya 1 tahun setelah 1 tahun maka domain tersebut harus dibayar jika ingin terus dipakai.
  3. Umumnya domain geratisan berasal dai ekstensi/ extension yang belum terkenal atau masa promo. Jadi untuk mengoptimasinya kita akan kesulitan
  4. Domain geratisan sewaktu-waktu bisa saja dihentikan secara sepihak oleh penyedia layanan tanpa pemberitahuan.
  5. Karena domain yang ditawarkan umumnya adalah domain yang kurang populer maka web atau blog yang menggunakan domain gratis dsulit bersaing di mesin pencari.
  6.  Domain gratisan sulit untuk dikostumasi
  7. Selain biasanya tidak ada support untuk domain yang sifatnya geratis
Nah sekarang anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan domain gratis bukan, memang jarang-jarang ada promo untuk domain geratisan ini, tapi ada satu tempat register domain yang menyediakan domain geratisan dari waktu ke waktu yakni dot tk, namun tetap saja gratis yang mereka tawarkan memiliki ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat tertentu seperti; bagi pengguna domain tersebut harus memiliki minimal 25 visitor selama beberapa bulan (kalu tidak salah 3 bulan). Jika domain tersebut dibeli orang lain maka domain tersebut akan dijual oleh si penyedia layanan.

Kapan saja adanya promo domain geratis?
Untuk pertanyaan seperti ini maka berikut ini jawabannya:
  1. Saat ulang tahun website perusahaan penyedia layanan domain, jadi perlu dicatat nih tanggal ulang tahun perusahaan-perusahaan penyedia domain.
  2. Moment-moment tertentu, seperti Natal, Tahun Baru, Hari kemerdekaan negara penyedia layanan dan beberapa momen lainnya.
  3. Ketika ada domain denagn ekstensi baru, biasanya untuk hal seperti ini akan diberikan secara gratis sebanyak-banyaknya untuk dicoba oleh para webmaster atau blogger..
  4. Domain geratis dari hosting berbayar. Promo seperti ini sangat lazim oleh penyedia layanan hosting dan domain, dimana kita akan diberi domain gratis selama kita memakai hosting di server mereka. Arrinya yang kita bayar hanyalah hostingnya saja.

Banyak orang yang menggunakan dot co dot cc, apakah itu domain geratis juga? Benar sekali itu memang domain geratisan juga hanya saja domain (sub domain) tersebut sekarang sering bermasalah terutama dengan mesin pencari.

Jadi adapun kesimpulannya, jika kita sudah mengetahui cara pemakain domain dengan benar dan efektif sebaiknya domain yang kita gunakan adalah domain berbayar saja. Bagi yang masih belajar menggunakan domain memang sebaiknya menggunakan domain geratisan saja terlebih dahulu, nanti sesudah memahami seluk beluk penggunaan domain silahkan beli domain yang berbayar dan berkualitas.

Apakah beda kualitas anata .com dengan .net atau lainnya?

Jawabannya :
Tidak ada perbedaan nyata dari semua ekstensi domain, kemampuan domain bukan dari hurf-hurufnya tapi sebuah domain bisa ngetop dan dikenal oleh mesin pencari dan pengguna internet itu bergantung kepada si pemilik domain dalam melakukan optimasi.

Bagaiman sudah jelas bukan mengenai pemanfaatan serta cara mendapatkan domain gratis dengan adanya artikel ini? Harapan saya tentu saja anda semua dapat memahami tulisan ini dengan baik dan bermanfaat bagi anda untuk memulai dalam menggunakan sebuah domain. Selamat berburu domain geratis.

No comments:

Post a Comment