Sunday, December 23, 2012

Apakah ada promo grtis domain jelang tahun baru 2013?

Beberapa weeb master pasti lagi sibuk mencari-cari informasi tentang promo gratis domain jelang tahun baru 2013 ini, ya seperti biasanya di akhir tahun atau sambut tahun baru beberapa perusahaan penyedia layanan register domain akan melakukan promo domain gratis. ada dua jenis promo domain gratis tahun baru yang sering dilakukan perusahaan penyedia layanan register domain, diantaranya:
  1. Gratis domain dengan membeli hosting, biasanya promo seperti ini akan menyediakan hosting terbatas tapi dengan bonus domain gratis, promo seperti ini tidak hanya ada pada tahun baru saja, namun hampir setiap saat promo seperti ini berlaku.
  2. gratis domain selama setahun, hal seperti ini hanya ada pada moment-moment tertentu, misalnya tahun baru, natal, atau ulang tahun perusahaan penyedia layanan domain tersebut.
Untuk promo yang kedua ini masa promo biasanya tidak akan lebih dari seminggu, kadang mereka mencantumkan masa promo yang sebulan namum membatasi jumlah gratis domain yang dapat didaftarkan. Selain itu penyedia layanan domain juga akan membatasi layanan terhadap domain gratis tersebut, seperti kita tidak diberi akses penuh untuk ke DNS manager, sehingga untuk dapat memakai doamin tersebut kita kerap kali membutuhkan jasa layanan free DNS dari beberapa penyedia DNS gratisan.

Sesuai dengan judul saya juga lagi mencari promo gratis domain, jika ada pembaca yang mengetahui mudah-mudahan bersedia untuk berbagi dengan saya di mana kita dapat mendapatkan free premium TLD domain jelang tahun baru 2013 ini, saya sangat membutuhkan domain tersebut untuk bisa dipakai menggantikan sub.doman pada blog ini. 

Kalua beberapa hari yang lalu ada gratis domain untuk (dot)me yang disediakan perusahaan regrister domain dari India kayaknya caranya cukup mudah yakni cukup dengan menginstal thunderbird dan mendaftarkan sebuh demain melalui pop up massage yang muncul ketika pertama kali kita buka program tersebut.

Satu lagi yang sempat menawarkan domain gratisan dengan ekstensi [dot]asia yakni perusahaan penyedia layanan register domain dari Australia (crazydomains) mereka menawarkan gratis domain asia selama setahun, satu accoun hanya boleh mendaftarkan 1 domain gratis dan dns manager tidak disediakan secara full, jadi kalu kita mau mengcostum domain blogspot dengan menggunakan [dot] asia ini maka kita harus menggunakan layanan dari pihak lain dalam memanage DNS, adapun pihak lain itu salah satunya DNS Free. 

Banyak orang yang mendapatkan domain gratis asia pada beberapa minggu yang lalu kebingunagn dalam meng-costum ke blogspot, ia memang membingungnkan bagi orang yang terbiasa memakai domain yang  full akses DNS manager (domain beli). Produk gratis mamang selalu memiliki batasan, namun batasan-batasan tersebut bisa kita hilangkan atau maksimalkan dengan cara menggunakan layanan gratis dari pihak lainnya yang akan melengkapi gratis domain tersebut.

Keinginan memiliki domain bagi setiap orang (blogger / web master) tentu sangat besar, namun ternyata walaupun harga domain saat ini bisa dikatakan sudah termasuk murah masih banyak juga orang yang mengatakan terlalu sulit untuk mendapatkan domain tersebut, alasan-alasan yang sering dikemukakan para bloger dalam mendapatkan domain antaranya:
  1. Tidak memiliki paypal, sehingga sulit untuk membayar atau memperpanjang domain. Kendala seperti ini berlaku bagi orang yang ingin membeli domain dari perusahaan luar negerei seperti go dady dan lainya.
  2. Takut tidak bisa membayar biaya domain tersebut di tahun berikutnya (untuk perpanjangan) memang benar bila sebuag domain hanya kita gunakan untuk kebutuhan personal writing tentu saja biaya untuk membayar domain tersebut sulit didapatkan dari hasil tulisan yang kita publikasikan
  3. Sulit membangun seo untuk domain yang baru dibeli, jadi banyak bloger lebih memilih untuk bertahan menggunakan sub.domain gratisan dari penyedia layanan blog.
Hal-hal seperti inilah yang perlu dipahami oleh perusahaan layanan hosting dan domain dalam meningkatkan kualitas layanan mereka. misalnya masalh paypal, sebenarnya kan bisa saja disediakan alternatif pembayaran lain seperti Western Union yang sudah support di seluruh Indonesia. Tentu saja itu semua bergantung pada untuk dan rugi dari perusahaan penyedia layanan domain tersebut. 

Begitu juga dengan para blogger, dalam dunia ini kita harus memahami bahwa banyak kegiatan online ini yang harus mengeluarkan biaya, namun terkadang kita tidak menyadari bahwa tanpa domain dan hosting geratis pun sebenarnya kita tetap membutuhkan biaya untuk kegiatan online salah satunya tentu saja kita harus membayar tarif internet sebagai penunjang kegiatan online.

sekian dulu pandangan saya terhadap promo domain gratis yang mungkin akan ada dari beberapa perusahaan menjelang tahun baru 2013 ini. mudah-mudahan bisa dapat satu dari domain tersebut. 

No comments:

Post a Comment