Friday, December 14, 2012

Perbedaan .com .im .id

Kali ini akan kita bahas mengenai perbedaan berbagai ekstensi dari domain, seperti judul perbedaan .com .im .id, adapun alasan tulisan ini di post-kan tentu saja karena ada beberapa orang yang menemukan blog domain dan hosting ini dengan menggunakan kata kunci 'apa perbedaan .com .im  .id. Saya yakin sebelum fditurunkannya tulisan ini belum ada jawaban yang tepat mengenai perbadaan tersebut di blog ini, oleh karena itu kali ini saya berusaha menjelaskan hal tersebut.

Sebelum kita menjelaskan perbedaan ekstensi-ekstensi domain saya menganjurkan terlebih dahulu anda membaca mengenai list domain di dunia ini artikel tersebut dapat anda temukan di sini, dan secara lebih lengkap mengenai  sistem penamaan domain juga perlu dipahami. Dari kedua artikel tersebut saya yakin anda akan lebih mudah memahami apa perbedaan dari .com .im dan .id dengan baik.

Berawal dari pengertian dan jenis domain maka analisa awal terhadap perbedaan .com .im dan .id adalah sebagai berikut:

  1. [dot] com =-----> ini merupakan ekstensi Generic top level domain yang artinya semua orang dapat memiliki domain ini 
  2. [dot] im = ------.> ini adalah ccTLD (Country Code Top Level Domain), ekstensi domain ini diperuntukkan untuk negara kepulauan Isle of Man selengkapnya tentang negara ini dapat dibaca disini
  3. [dot] id = ------> ini juga ccTLD dari negara kita Indonesia.
Ada perbedaan dalam pemakaian ketiga domain tersebut, perbedaan pemakaiannya sebagai berikut:
  • [dot] com, ini dapat digunakan oleh siapapun dan dari negara manapun (generic TLD), [dot] id hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang ada atau berasal dari indonesia, dan bisa juga bagi orang-orang yang menyewa hosting di indonesia begitu juga dengan [dot] im hanya dapat digunakan oleh orang Isle of Man.
  • [dot] com, umumnya ekstensi ini dapat berdiri sendiri tanpa perlu tambahan ekstensi lagi berbeda dengan [dot] id, ekstensi ini harus memiliki tambahan ekstensi lain seperti [dot]co[dot]id, yang bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, [dot]web .id ini bisa digunakan oleh perorangan ataupun perusahaan, [dot]go .id haya dapat digunakan oleh instansi pemerintahan Indonesia, [dot]or .id diperuntukkan bagi organisasi-organisasi yang ada di Indonesia, [dot]sch .id ini hanya boleh dipakai untuk alawat website sekolah di indonesia, [dot]ac .id diperuntukkan bagi universitas-universitas yang ada di indonesia dan [dot] net .id boleh digunakan oleh semua orang Indonesia. Begitu juga dengan [dot] .im dia tidak bisa berdiri sendiri.
Biasanya ekstensi domain .id  atau .im memiliki syarat-syarat standar untuk memilikinya, seperti contoh untuk mendapatkan domain .co .id kita harus melengkapai beberapa berkas untuk mendapatkan ekstensi domain ini berkas tersebut diantaranya, Nama perusahaan, NPWP, Akte perusahaan, dan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan (dapat membuktikan keberadaan perusahaan), contoh lain untuk sch id, untuk mendapatkan domain ini kita harus memiliki surat resmi dari sekolah yang ditanda tangani oleh kepala sekolah. begitu juga dengan or id dan ac id. Untuk ccTLD indonesia yang tanpa syarat diantaranya web id, net id dan name id (syarat KTP).

Menjadi pertanyaan adakah domain im atau id yang geratisan? maka jawabannya untuk saat ini tidak ada lagi, dulu diawal-awal lounching ekstensi web id kemenkominfo sempat memberikan domain tersebut secara gratis dengan syarat mengirimkan scan KTP, namun sekarang program seperti itu sudah tidak berlaku lagi untuk semua ekstensi domain yang ada di Indonesia.

Itulah perbedaan-perbedaan antara domain .com .im dan .id yang dapat kami jelaskan, semoga bermanfaat dan bisa dipahami maksud dari tulisan ini, jika anda berminat menambahkan informasi menganai topik perbadaan domain ini silahkan beri tambahan informasi tersebut melalui kotak komentar di blog ini maka kami akan segera memoderasi komentar anda.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment