Tuesday, December 18, 2012

Pengertian VPS dan kelebihan menggunakannya

Dunia internet berkembang begitu pesatnya, dulu diawal-awal internet ditemukan hosting yang ada hanyalah hosting dengan menggunakan server pribadi, seiring dengan meningkatnya kebutuhan orang akan internet maka tumbuhlah bisnis yang bergerak di bidang layanan hosting (hosting service), karena adanya kebutuhan lain menyangkut keamanan dan  privasi sebagian perusahaan hostign akhirnya menyediakan juga layanan hosting yang sifatnya pripate sering disebut dengan Virtual Private Hosting (VPS), VPS lahir berbarengan dengan dedicated server untuk mendukung kebutuhan akan publikasi website ataupun blog. Tentu bagi pemula istilah-istilah VPS dan dedicated server ini sulit dipahami, untuk itu disini saya akan mencoba menjelaskan apa itu VPS dan dedicated server sesederhana mungkin.

VPS disingkat dari Virtual Private Server sifatnya yang virtual ini memungkinkannya untuk berjalan sendiri secara tervisah dari server utama, VPS ini sebenarnya tetap saja bagian dari sebuah server yang dibagi-bagi (dipartisi), pada setiap vartisi dimungkinkan untuk menjalankan sistemnya sendiri-sendiri sehingga pada VPS bisa saja melakukan reboting tanpa harus mereboting server utama.

VPS ini bisa berlangsung karena adanya dukungan program virtualisasi, banyak sekali program virtualisasi yang sudah dipakai untuk VPS ini salah satu diantaranya adalah XEN Hypervisor, beberapa hal yang dapat dilakukannya adalah:
  • Dapat melakukan swap space para pengguna linux pasti paham dengan istilah ini.
  • Dapat secara bebeas mengkonfirmasi firewall secara fleksibel layaknya menjalankan server sendiri
  • Dapat mengakses troubledhooting secara cepat terhadap server.
Adapun kelebihan VPS ini antara lain:
  • Sudah dipastikan server lebih stabil
  • Dapat melakukan monitoring web servis melalui pihak Provider
  • Memindahkan data lebih mudah dan cepat dari Shared ke VPS menggunakan CPanel
  • Dengan VPS anda akan Mendapatkan IP Publik yang khusus
  • Manajemen web jauh lebih mudah menggunakan CPanel
  • Kemampuannya dapat juga berfungsi sebagai VPN dan Web Proxy
  • Dapat menghosting beberapa website (blog)
  • Harga lebih hemat bila dibandingkan dengan dedicated Server
  • Akses ke resources server jauh lebih baik
  • Akses penuh untuk pemilik (root)
Banyak sekali orang merakukan keamanan (security) dengan menggunakan VPS ini, namun menurut saya itu semua tergantung software pendukung yang kita gunakan. Saat ini sudah banyak sistem keamanan yang dijual untuk server VPS ini bahkan ada yang menjual security system secara gratis. Manajemen keamanan haruslah kita pahami dalam setiap mempublikasikan data, sebab dengan shared hosting juga belum tentu aman 100% dari berbagai gangguan server.

Keamanan server dapat ditingkatkan apabila kita rajin melakukan monitoring terhadap aktivitas server yang kita gunakan sesering mungkin. Sehingga setiap celah bisa ditutup sesegera mungkin. Masalah harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan shared hosting saya rasa sudah wajar karena denagn memiliki sebuah VPS kita layaknya memiliki server sendiri.

Banyak orang yang mengeluhkan rumitnya menggunakan VPS ini namun menurut saya akan lebih rumit lagi bila anda menggunakan dedicated server, dimana harga dedicated hosting server sudah pasti jauh lebih mahal dibandingakn VPS. Sekilas tambahan, dedicated hosting adalah kita membeli sebuah server secara keseluruhan dimana server tersebut tidak dibagi-bagikan kepihak lain selain kita atau group kita. Untuk membeli dedicated server ini biasa juga dilakuakn orang dengan keroyokan agar biaya bisa lebih murah. sebenarnya biaya dari dedicated hosting ini akan lebih banyak dibebankan pada biaya maintenance dimana biaya tersebut harus ditaggung sepenuhnya oleh pembeli dedicated hosting karena hanya dialah yang memakai server tersebut.

Dengan tulisan ini saya harap anda memahami secara lebih baik tentang apa yang dimaksud dengan VPS ini dan menjadi lebih bijak dalam memilih jenis hosting yang akan anda gunakan untuk mempublikasikan website atau blog yang anda miliki.

2 comments:

  1. sebenernya msh agak bingung aq...
    cm agak sedikit terbuka wawasannya. Makasih atas infonya gan...

    ReplyDelete