Monday, December 17, 2012

Pengertian Hosting Service, Reseller, dan VPS

Ketika kita sudah mulai memahami apa itu domain dan juga apa yang disebut dengan hosting maka kita akan bertemu juga dengan beberapa istilah seperti hostiing service, hosting reseller dan juga VPS hosting. Ketiga istilah tersebut memiliki pengertian atau defenisi yang berbed-beda walaupun ketiganya sama-sama tempat untuk menyimpan data secara online. Untuk membuatnya lebih jelas dan terperinci maka di artikel ini kita akan membahas satu perstu istilah dalam dunia webmaster tersebut.

Kita mulai dengan pengertian hosting service, bila kita ingin memiliki sebuag website maka kita wajib memiliki tempat penyimpanan data (hosting) secara online (terhubung dengan internet selama 24 jam). Untuk individu yang ingin memiliki website tentu saja akan keberatan jika harus menghidupkan komputer pribadi mereka hidup terus menerus selamanya, adanya kendala seperti inilah maka banyak orang atau perusahaan di dunia ini menyediakan jasa penyimpanan data di hardisk mereka dan data itu bisa diambil dan online selama 24 jam, perusahaan penyedia layanan seperti inilah yang disebut dengan hosting service. Jadi hosting service layanan yang diberikan oleh perusahaan/ lembaga dalam hal hosting, service (layanan) itu bisa saja geratis namun kebanyakan layanan hosting didunia ini berbayar.

Reseller hosting, dari katanya saja sebenarnya sudah dapat diartikan yakni reseller (dijual kembali/ dijual ulang dan Hosting (tempat menyimpan data yang terhubung dengan jaringan internet). Agar lebih dipahami maka kita akan jelaskan dengan contoh; misalnya anda seorang yang memiliki website, dan website anda itu telah anda jalankan dalam beberapa tahun tiba-tiba anda ingin berhenti mempublikasikan sesuatu dengan website atau blog sedangkan dulu anda membeli hosting service dari sebuah perusahaan dan hosting tersebut berlaku unlimited, daripada hosting sia-sia maka anda dapat menjual kembali hosting tersebut kepada pihak lain dengan harga sesuai dengan keputusan negosiasi.

Kasus reseler lainnya bisa juga seperti ini; di luar sana anda memiliki teman yang gemar mempublikasikan karya-karyanya melalui internet, namun dia belum memiliki sebuah hosting juga domain, ketika dia ingin membeli hsoting ternyata dia tidak memiliki Paypal, nah maka disini anda bisa membeli sebuah hosting dan menjualnya kembali kepada kawan anda tersebut secara langsung.

Kegiatan Hosting reseller atau domain ini juga menjadi bisnis sampingan bagi banyak orang uang bergerak dibidang Internet Marketing, bahasa lain yang sering digunakan untuk reseller ini adalah dropship padahal pengertian dari reseller dengan dropship memiliki perbedaan yang sangat nyata. Dropship ini lebih cocok dan mendekati arti affiliasi penjualan.berbeda dengan reseller, dalam reseller anda sebelumnya harus menjadi pemilik sah hosting yang ungin anda resellerkan, sedangkan untukdropship dan affiliate anda hanyalah menyarankan pembei kepada penjual sesungguhnya.

Nah istilah yang terakhir adalah VPS hosting, kepanjangan dari VPS ini adalah Virtual Private Server kalau dibahasa Indonesiakan Virtual (bayangan) Private (pribadi/ dimiliki sendiri) Server (ini bisa dismakan dengan hosting/ jaringan). VPS ini memiliki kelebihan lain bila dibandingkan dengan kita harus membayar Hosting service terutama dalam hal kebebasan penggunaan hosting. VPS ini hampir sama dengan memiliki server hosting dari komputer sendiri, bedanya VPS ini bersifat virtual. Beberapa kelebihan VPS dibandingkan dengan Hosting service:

  • Dengan VPS kita lebih bebas dalam menggunakan data dan akses ke data lebih cepat.
  • VPS memungkinkan kita menjalankan sitem sendiri dalam menyebarkan data ke internet
  • Kita dapat menginstal berbagai applikasi secara mudah dan sederhanan layaknya di komputer sendiri.
secara lebih mendalam VPS ini akan kita bahas berbarengan denagan satu istilah lagi dalam dunia hosting yakni dedicated server, belakangan ini orang mulai lebih menyukai dedicated server daripada harus menyewa hosting service. Ternyata memang terbukti keampuhan dari dedicated server ini jauh lebih unggul daripada bila kita menggunakan server hosting service, tapi itu semua tetap bergantung pada produk yang kita gunakan tentunya. 

No comments:

Post a Comment